Adaptasi

Setiap memasuki suatu lingkungan yang baru, pasti kita merasa asing karena belum mengenalnya

A. Pendahuluan
memasuki suatu lingkungan yang baru, pasti kita merasa asing karena belum mengenalnya, apalagi berhubungan dan berinteraksi dengan orang lain terasa asing dan canggung akan melakukan perkenalan terlebih dahulu, sering merasa binggung, malu, takut, ragu-ragu, banyak hal yang baru kita temukan pada lingkungan baru yang sebelumnya tidak kita temukan pada waktu di bangku Sekolah Dasar (SD), sedangkan kita akan hidup belajar dan bermain di dalamnya.


















B. PRASYARAT

Syarat untuk bisa memahami modul ini kamu harus membaca materi yang akan disampaikan lebih lanjut pada kegiatan belajar pada halaman berikutnya. Dengan membaca materi ‘’Penyesuaian Diri Terhadap Lingkungan Belajar dan Sekolah’’ kamu akan banyak mendapat pemahaman, bimbingan, dan penerapan dalam:
a. Pengenalan/memahami diri sendiri
b. Pengenalan (orientasi) ruang lingkup sekolah
c. Pengenalan Fasilitas sekolah sebagai sarana penunjang pembelajaran di sekolahmu
d. Pengenalan personil/bapak dan ibu guru yang mengajar sekolah ini khusunya yang wajib mengenal nama Bapak/ibu guru yang mengajar kelas tujuh serta mengajar bidang studi apa saja yang akan diberikan, serta mengenal karyawan sekolah di SMP Lab. Ini
e. Dapat mengenal dan dapat memilih ektrakurikuler di sekolah sesuai dengan bakat dan minat kamu



C. PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL


Agar kamu berhasil dan menguasai serta mampu menerapkan materi pada
modul satu ini, maka bacalah dengan cermat dan ikuti petunjuk ini dengan baik diantara sebagai berikut:



1. Bacalah doa terlebih dahulu sesuai dengan keyakinan yang kamu anut dengan tujuan diberikan kemudahan jalan dan pikiran untuk bisa mempelajari dengan mudah.
2. Bacalah dengan serius dan santai serta seksama sehingga kamu dapat mencapai penguasaan materi dengan baik dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
3. Kerjakan dan lengkapilah Lembar Kegiatan Siswa (LKS) pada halaman yang sudah disediakan dengan jelas, tanpa ada tugas yang tertinggal karena dapat menghambat kamu untuk menyelesaikan tugas berikutnya.














4. Kerjakan secara mandiri tanpa harus menunggu teman, dengan belajar mandiri kamu dapat termotivasi mengerjakan lebik maksimal sesuai dengan kemampuan kamu sendiri, serta hindarilah kerja saling mencontek dengan teman sebangku atapun dengan teman satu kelas.

5. Menggunakan bahan atau sumber belajar misalnya buku perpustakaan, pengalaman pribadi/orang lain, majalah, koran, televisi dan masih banyak sumber belajar lain yang dapat kamu gunakan untuk menunjang/mendukung proses belajarmu.



D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan belajar yang baru, baik terhadap mata pelajaran, guru, karyawan sekolah, teman-teman satu kelas dan teman satu sekolah, sarana prasarana sebagai penunjang proses kelancaran pembelajar di sekolah serta mengenal dan memahami kondisi sekolah.

E. KOMPETE NSI

1. Siswa mampu menyesuaian diri dengan lingkugan belajar yang baru
2.Siswa mampu bersosialisasi dengan teman satu kelas, satu anggkatan pada pada masa orientasi siswa
3.siswa mampu bersosialisai serta mengenal personil/karyawan sekolah khususnya guru yang mengajar di kelas tujuh
4.siswa mengenal fasilitas sekolah yang dapat digunakan sebagai saran dan prasarana penunjang kelengkapan proses pembelajaran


F. RENCARA BELAJAR
Rencana belajar merupakan serangkaian rencana kegiatan yang akan kamu lakukan pada saat pelaksanaan pembelajaran berlangsung:

Jenis kegiatan pembelajaran : membaca, menulis, diskusi, observasi, pengenalan lingkungan, pemberian tugas, dll…………………………….(sebutkan/pilih salah satu)
Hari/Tanggal : …………………………………
Tempat Pelaksanaan : …………………………………
Alokasi Waktu : …………..menit
Hasil yang dicapai : 1). ____________________________________

2). ____________________________________

3). _____________________________________
*Catatan khusus: pengalaman belajar apa yang kamu peroeh setelah mempelajari modul 1 ini uraikan dengan
jelas pengalman kamu masing-masing setelah mengikuti kegiatan ini:
………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………

G. KEGIATAN BELAJAR

URAIAN MATERI MODUL 1



PENYESUAIAN DIRI TERHADAP
LINGKUNGAN BELAJAR YANG BARU

1. Orientasi Diri (Pengenalan Diri)
Setiap memasuki suatu lingkungan yang baru, pasti kita merasa asing karena belum mengenalnya, apalagi berhubungan dan berinteraksi dengan orang lain terasa asing dan canggung akan melakukan perkenalan terlebih dahulu, sering merasa binggung, malu, takut, ragu-ragu, banyak hal yang baru kita temukan pada lingkungan baru yang sebelumnya tidak kita temukan pada waktu di bangku Sekolah Dasar (SD), sedangkan kita akan hidup belajar dan bermain di dalamnya.
Peribahasa yang berbunyi ‘’kalau tak kenal maka tak sayang’’. Ini artinya kita harus mengenal lingkungan yang baru supaya kita dapat menyanyanginya, kalau kita sayang, kita akan betah tinggal di dalamnya khususnya lingkungan yang baru kita tempati, belajarnya enak, bermain dengan gembira, sehingga dengan harapan dapat belajar dengan baik dan berprestasi yang pada dasarkan memerlukan waktu untuk penyesuaian diri terhadap diri sendiri maupun dengan lingkungan sekitar kita, ada kalanya orang dengan cepat, mudah bersosialisasi dan sebaliknya, itu semuanya sesungguhnya dapat kita pelajari dan membiasakan diri untuk mengenal lebih dekat dengan orang lain maupun dengan lingkungan kita dan itu semua dikembalikan pada diri/kepribadian kita masing-masing untuk bisa belajar bersosialisasi, dengan kita mudah bersosialisasi mudah pula lingkungan akan menerima kita dengan lapang dada.
Orientasi terhadap lingkungan sesuai dengan penjelasan di atas dapat diartikan sebagai proses perkenalan atau mengenal. Menurut kamus besar Bahasa Indonesia. Orientasi/pengenalan berarti peninjauan untuk menentukan sikap, arah, tempat yang tepat dan benar. Sedangkan berorientasi berarti melihat-lihat, meninjau supaya lebih kenal atau tahu. Dengan demikian orientasi diri artinya melihat, meninajau dan mengenal diri sendiri, mengenal siapa diri dan keberadaannya (eksistensi) diri kita, yang pada kenyataannya kita diciptakan Tuhan tidak hanya sebagai makhluk individu tetapi juga sebagai makhluk sosial yang selalu berhungan dengan orang lain yang berinterakasi dengan orang lain.
Selama kamu memasuki lingkungan baru khusunya di SMP ini kita mempunyai teman-teman baru yang berasal dari SD lain, juga kakak kelas dari kelas 8 dan kelas 9 sebaiknya kalian bisa mengenal mereka dengan baik sebagai proses sosialisasi dilingkungan baru.

2. Orientasi Sekolah
Orientasi sekolah merupakan kegiatan lebih mendalam, lembaga sekolah baik tujuan dan fungsi kegiatan, aktivitasnya. Dengan mengenal sekolah, siswa akan lebih mudah beradaptasi dan secara tepat mampu menentukan sikap dalam berekspresi dan berprestasi di sekolah.
Untuk hal tersebut di atas kita perlu menyesuaikan diri, yaitu perlu mengenal dan memahami segala sesuatu yang ada dilingkungan tersebut, misalnya beberapa macam mata pelajaran atau bidang studi di tingkat SMP yang tentunya ada beberapa perbedaan dan persamaan dengan pelajaran waktu di bangku SD, kegiatan ektrakurikuler, bapak-ibu guru yang mengajar dan jumlah bapak-ibu guru serta karyawan sekolah, teman-teman bermain, kakak-kakak kelas, sarana belajar, faslitas sekolah dan kelengkapan sekolah, kondisi lingkungan sekolah.
Mata pelajaran yang diterima pada waktu SD akan dilanjutkan di SMP dan ditambah dengan mata pelajaran baru misalnya: IPA-Fisika, Bimbingan Konseling, dan pelajaran yang lain tentunya belum kamu peroleh waktu SD. Waktu SD kita diajar oleh guru kelas, di SMP diajar oleh beberap guru mata pelajaran atau guru bidang studi. Mereka mengajar sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkannya seperti guru bahasa inggris, guru fisika, guru sejarah dan masih banyak lagi guru mata pelajaran lain yang lebih kurang 15 orang.


3. Pengenalan Fasilitas Sekolah
Fasilitas adalah kemudahan, segala hal yang memudahkan perkara, kelancaran tugas dalam menyelesaikan belajar kamu khususnya dalam proses pembelajaran di sekolah. Fasilitas sekolah meliputi semua sarana dan prasarana termasuk perkakas alat bantu yang tersedia di sekolah. Penyedian fasilitas sekolah bermaksud menciptakan kemudahan-kemudahan belajar. Sarana/prasarana sekolah antara lain gedung, ruang kelas, laboraorium, kantor, perpustkaan, sarana olahraga, tempat ibadah, kanti, koperasi, ruang BK dan sebagainya.
Perlengkapan belajar juga berbeda dengan kita di SD, misalnya dengan adanya ruang Laboratorium Komputer, IPA, Bahasa, Aula, Ruang Kelas, Perpustakaan, OSIS, Bimbingan Konseling, Mushola, Koperasi Sekolah, kantin, Ruang Guru, Ruang Kepala Sekolah dan masih banyak lagi fasilitas sekolah sebagai penunjang pembelajarn kamu di sekolah. Selain hal tersebut dengan adanya berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler sebagai sarana pengembangan bakat minat kamu untuk bisa mengikutinya misalnya: Pramuka, PMR, BDI, ECC, Sepak Bola, Basket, Tari dan kegiatan ekskul yang lain.

4. Mengenal Personel Sekolah dan Karyawan
Perosnil (personalia/kepegawaian) adalah semua orang yang bekerja pada suatu organisasi tertentu. Personil sekolah adalah semua orang yang ditugasi untuk mengelola jalannya kegiatan persekolahan. Para personil sekolah ini diharapkan mampu melaksanakan tugas dan cakap dalam bekerjasama, sehingga dapat tercipta suasana yang menyenangkan yang tentunya personil SD lebih sedikit bila dibandingkan dengan SMP karena jumlah yang jauh lebih banyak bila disbanding SD, khususnya guru kelas dengan guru mata pelajaran.
Di SMP selain guru mata pelajaran atau guru bidang studi, ada guru khusus yang membimbing siswa kalau menemui kesulitan dalam belajar dan bergaul, juga mengembangkan bakat/kemampuan yang dimiliki siswa. Guru demikian disebut guru pembimbing/guru BK. Di setiap kelas pada tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) terdapat guru yang bertanggungjawab mengurus dan mengawasi kelasnya, juga berfungsi sebagai pengganti orang tua di sekolah, namanya wali kelas.




I. EVALUASI

Evaluasi merupakan kegiatan akhir dari proses pembelajaran pada modul satu ini, setelah selesai untuk mengetahui tingkat kemampuan kalian menguasai materi ini, isilah tugas-tugas yang harus kamu selesaikan dengan tuntas dan jelas sebagai akhir dari kegiatan pembelajaran ini kemudian kumpulkanlah apabila kamu sudah selesai mengerjakannya dan tanpa harus menunggu teman yang lain harus selesai.

Tugas 1

1. Tulislah mata pelajaran yang kamu terima waktu di SD dan di SMP cobalah fahami perbedaan diantara keduanya pada format di bawah ini:

No Nama Mata Pelajaran SD Jumlah Jam Nama Mata Pelajaran SMP Jumlah Jam Keterangan
1.














2. Tulislah nama personil sekolah dan guru-guru yang mengajar di kelasmu dan guru mengajar dikelas 8 dan 9 sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan

No Nama Guru Mata Pelajaran Jabatan









































Pilih dan tulislah kegiatan ekstrakurikuler yang kamu kehendaki tentunya sesuai dengan bakat, minat dan kemampuan yang kamu miliki dan berilah alasan mengapa kamu memilih kegiatan tersebut:

No Jenis Ekstrakurikuler Keterangan Dipilih (√) Alasannya
1. Wajib























3. Tulislah nama-nama teman barumu khususnya teman satu kelasmu.
No Nama Alamat Telepon Keterangan
1.















*salinlah pada kertas/dibuku catatan kamu (Buku BK)
4. Berilah tanda cek (√) pada kolom di bawah ini sesuai dengan hasil pengamatanmu di lapangan khususnya dilingkungan sekolah yang berkaitan dengan kelengkapan sarana dan prasarana sekolahmu yang baru

No Nama Fasilitas Sekolah Tanda (√) jika ada Keterangan
1.







































5. Tulislah apa yang dapat kamu lakukan untuk menyesuiakan dirimu dengan kondisi lingkungan sekolahmu

No Hal-hal yang saya lakukan dalam penyesuaian diri dengan kondisi lingkungan sekolah




































Evaluasi tanggapan Guru BK
Hari/Tanggal Evaluasi Catatan Guru BK Tanda Tangan












DAFTAR RUJUKAN

Ahmadi Abu. 1991. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta.

Hurlock Elizabeth. 1992. Psikologi Perkembangan, Edisi kelima. Jakarta: Erlangga.

_____________, 2002. Modul Bimbingan Konseling Kelas 7 Meniti Karier Masa Depan. Jakarta: Depdikbud.

_____________, 2006/2007. Modul Bimbingan Konseling Kelas 7. SMP Labortorium UM. Malang.

_____________, 2006/2007. Modul Bimbingan Konseling Kelas 7. MGP Kota Malang: Randu Agung.



0 Response to "Adaptasi"

Posting Komentar