Jenis Kepribadian

Selain makhluk sosial manusia sebagai makhluk individu artinya
PENDAHULUAN

Selain makhluk sosial manusia sebagai makhluk individu artinya antara manusia satu dengan manusia yang lain berbeda, tidak ada yang sama walaupun dia dilahirkan dengan keadaan kembar tetap memiliki perbedaan, selain itu manusia sebagai makhluk sosial artinya manusia tidak bias hidup sendiri tanpa bantuan orang lain.
Manusia memiliki ciri-ciri khusus yang berbeda antara satu dengan yang lainnya, artinya manusia itu unik, coba pahami diri anda?hal apa yang membuat anda sebagai manusia yang unik?. Selain keunikan yang dimiliki oleh setiap orang diri kita terdiri dari jasmani dan rokhani, jasmani bersifat fisik, yaitu badan yang tampak oleh mata lahir kita, sedangkan rokhani bersifat non fisik atau abstrak. Untuk hal tersebut kadang-kadang kita menyadarinya dan sebaliknya?, karena dengan memahami keduanya berarti kita memahami beberapa kekurangan dan kelebihan dalam diri kita sebagai modal dari usaha kita untuk meraih cita-cita masa depan.


TUJUAN PEMBELAJARAN
]
Memberikan pemahaman dan kemampuan mengenal kepribadian diri
sendiri dan orang lain

Standart Kompetensi

Kemampuan cara bersosialisasi dengan lingkungan sekitar secara individual dan sosial dengan mengenal jenis-jenis kepribadian pada pribadi dan orang lain



Kompetensi dasar


Kemampuan mengenal tipe kepribadian diri dan orang lain serta

Mengetahui kekurangan dan kelebihan diri








 Siswa dapat mengetahui makna tipe-tipe kepribadiannya
 Siswa mengetahui kekurangan dan kelebihan dirinya
 Siswa mengetahui cara mengembangkan kelebihan yang
positif dalam diri dan meminimalkan sifat negatif






Hal utama untuk bisa memahami modul ini kamu harus membaca materi yang akan disampaikan lebih lanjut pada kegiatan belajar pada halaman berikutnya. Dengan membaca materi ‘’Pemahaman Diri Terhadap Tipe Kepribadian‘’. Pada materi ini sangat cocok untuk kamu simak dan kamu ketahui lebih dalam sebab hal ini seputar tentang makna kepribadian, jenis-jenis kepribadian, dan mengetahui kekurangan dan kelebihan dalam diri sendiri dan orang lain. Oleh karena itu untuk bisa memahami materi ini kamu terlebih dahulu pahamilah syarat-syarat sebagai berikut :
a. Tuntaskan Modul sebelumnya terlebih dahulu, kemudian kerjakan modul selanjutnya sesuai dengan petunjuk guru
b. Carilah berbagai sumber pembelajaran di Perpustakaan sekolah, majalah, koran
dan informsai lain sebagai faktor pendukung
c. Lakukan diskusi dengan teman sebangku yang berhubungan dengan materi;
d. Kerjakan seluruh tugas dengan tuntas, kemudian meminta guru untuk
mengevaluasi kegiatan belajar tersebut, setelah itu mintalah Evaluasi;
e. Mintalah penjelasan pada guru apabila kamu mengalami kesulitan dalam
pembahasan materi ini.














No Tanggal Jenis Kegiatan Waktu Tanda Tangan Ortu






















Malang, .....................
Guru Bimbingan Konseling,
















URAIAN MATERI
A. Pemahaman Diri
Selain makhluk sosial manusia sebagai makhluk individu artinya antara manusia satu dengan manusia yang lain berbeda, tidak ada yang sama walaupun dia dilahirkan dengan keadaan kembar tetap memiliki perbedaan, selain itu manusia sebagai makhluk sosial artinya manusia tidak biasa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain.
Perbedaan ini dimiliki oleh manusia karena setiap orang baik secara individu maupun sosial memiliki cirri-ciri khusus, yang meliputi dua hal yaitu ‘’yang positif’’ dan ‘’yang negatif’’. Ciri-ciri khusus yang positif tersebut merupakan kekuatan manusia dan ciri-ciri khusus negatif merupakan kelemahannya. Setiap manusia memiliki kelebihan dan kelemahan sebagai tanda ‘’sempurnanya’’ ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.
Manusia memiliki ciri-ciri khusus yang berbeda antara satu dengan yang lainnya, artinya manusia itu unik, coba pahami diri anda?hal apa yang membuat anda sebagai manusia yang unik?. Selain keunikan yang dimiliki oleh setiap orang diri kita terdiri dari jasmani dan rokhani, jasmani bersifat fisik, yaitu badan yang tampak oleh mata lahir kita, sedangkan rohani bersifat non fisik atau abstrak. Untuk hal tersebut kadang-kadang kita menyadarinya dan sebaliknya?, karena dengan memahami keduanya berarti kita memahami beberapa kekurangan dan kelebihan dalam diri kita sebagai modal dari usaha kita untuk meraih cita-cita masa depan.









Ciri-ciri non fisik tidak dapat dilihat secara langsung oleh mata, tetapi memerlukan pemahaman, baik pemahaman diri secara langsung oleh kita sendiri, maupun pemahaman melalui penilaian terhadap orang lain, antara lain sifat diri, bakat, minat, hobi, potensi, dan kemampuan.



Utuk mempermudah pemahaman diri siswa, bahasan kali ini kita batasi tentanng menjajagi minat dan kemampuan saja, meliputi bidang akademik dan non akademik. Perhatikan contoh format di bawah ini
No Nama Minat Kemampuan
Akademik Non akademik Akademik/nilai Non akademik
1. Sinta IPS
IPA Berorganisasi
PMR IPS = 9
IPA = 10 Ketua PMR
Sekt OSIS
2. Dinda Bahasa Indo
Bahasa Inggris Baca Puisi BI= 10
BIG = 7 Lomb abaca Puisi SMP se-Malang raya
3. Dendy Agama
IPA Berorganisasi
Pramuka Agama = 9
IPA = 7 Lomba adzan
4. Dwi Bahasa inggris
IPA - BIG= 9
IPA = 10 Ketua OSIS

5. Luna Kerta seni
Bahasa Indo Tari Ks = 10
BI = 10 Lomba tari
6. Fajar Bahasa Indo
IPA - BI = 5
IPA = 4 -

Dari uraian di atas, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
No Nama Merupakan:
Kekuatan Kekurangan
1. Sifat diri positif

2. Sifat diri negatif


3. Mata pelajaran diminati

4. Mata pelajaran tidak diminati

5. Kegiatan non akademik yang diminati










1. Dari contoh di atas coba kamu lakukan hal sama dengan diskusi dengan teman membuat kelompok kelas terdiri dari 5 orang kemudian buatlah table seperti di atas, kemudian lakukan wawancara dengan kelompokmu? Dan hasil dari tugas tersebut dilaporkan sebagai tugas forto folio
No Nama Minat Kemampuan
Akademik Non akademik Akademik/nilai Non akademik
1.




2.




3.



4.



5.



6.



Dari uraian di atas, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
No Nama Merupakan:
Kekuatan Kekurangan
1. Sifat diri positif

2. Sifat diri negatif

3. Mata pelajaran diminati

4. Mata pelajaran tidak diminati
5. Kegiatan non akademik yang diminati









2. Tuliskan ciri-ciri fisik anda pada format berikut ini
No Keadaan fisik saya Ciri-ciri
1. Usia saya sekarang
2. Berat badan saya
3. Tinggi badan saya
4. Golongan darah saya
5. Warna kulit saya
6. Warna rambut saya
7. Bentuk muka saya
8. Bentuk hidung saya
9. Ukuran sepatu saya
10. ……………………….
11. ………………………….
12. ……………………………….
13.
14.
15.

Kesimpulannya:














B. Pengertian Kepribadian
Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial yang selalu berhubungan dengan orang lain dan terkadang memiliki sifat tergantung terhadap orang lain, selain sebagai makhluk sosial manusia juga sebagai makhluk individu yang diciptakan berbeda antara satu dengan yang lainya atau dengan kata lain individual deferences. Hal ini bisa dilihat dari karakter sifat, kebiasaan, hobi dan segala sesuatu yang tampak berbeda antara satu dengan yang lainnya.
Kepribadian bisa didefinisikan sebagai ciri-ciri seseorang individu secara keseluruhan yang tampak pada dirinya. Ciri-ciri ini selalu stabil, yaitu tidak berubah dengan waktu yang diperlihatkan dalam bentuk yang berlainan. Ciri-ciri memegang peranan penting dalam menjelaskan identitas seseorang yang membedakanya dengan orang lain.
C. Ciri-ciri Kepribadian
Ciri-ciri kepribadian ini memegang peranan penting dalam menjelaskan identitas seseorang antara satu orang dengan orang yang lain. Ciri-ciri ini meliputi aspek kognitif, emosi, dan tingkah laku seseorang serta, bagaimana seseorang itu menilai dirinya sendiri dan juga aspek sekitarnya. Ciri-ciri ini juga memegang peranan penting yang menentukan bagaimana seseorang itu bertindak dalam suatu keadaan. Sifat kepribadian ini dapat dilihat dengan mudah melalui tiga sudut yang meliputi:
Perwatakan
Perwatakan merupakan gaya seseorang dalam menerangkan tingkah lakunya seperti ramah, pendiam, pemarah, pendendam, dan sebagainya. Perwatakan seseorang merupakan ciri kepribadian seseorang yang stabil dengan waktu. Hal ini ditemukan sejak awal kehidupan seseorang. Pengaruh orangtua dan lingkungan sekitarnya dapat membentuk watak atau perwatakan menjadi lebih positif atau negatif, walaupun tidak mengubah jenis perwatakannya. Pendapat ini menunjukkan bahwa anak-anak yang dilahirkan memiliki perwatakan yang berbeda, seperti aktif, hiperaktif, dan pasif.

Bakat dan Kepandaian
Bakat dan kepandaian merupakan tingkat pencapaian seseorang dalam menerangkan sampai sejauh mana kepandaian seseorang itu, hal ini tingkat kepandaian seseorang dapat diukur dengan tes psikologis yang bertujuan untuk mengetahui sejauhmana tingkat kemampuan seseorang dalam menyelesaikan persoalan kehidupan. Adapun klasifikasi intelegensi seseorang sebagai berikut:
Subjek yang diukur dengan tes ini, tingkat kecerdasan (IQ) dapat diklasifikasikan sebagai berikut.

Tingkatan IQ Klasifikasi Kemampuan
I 140 - 169 Sangat superior
II 120 – 139 Superior
III 110 – 119 Di atas rata-rata
IV 90 – 109 Rata-rata/normal
V 80 – 89 Di bawah rata-rata/di bawah normal
VI 70 – 79 Rendah

Interpretasi/Keterangan:
1. Sangat Superior : kemampuan siswa sangat baik sekali untuk mendukung kegiatan belajar, dan tidak menemui kesulitan dalam menyelesaikan tugas sekolah.

2. Superior : kemampuan siswa baik sekali untuk mendukung kegiatan belajar, hampir saja tidak menemui kesulitan dalam menyelesaikan tugas sekolah.

3. Di atas rata-rata : kemampuan siswa cukup untuk mendukung kegiatan belajar, kemungkinan siswa tidak mengalami kesulitan dalam menyelesai-kan tugas-tugas sekolah.

4. Rata-rata : kemampuan siswa cukup untuk mendukung kegiatan belajar, kemungkinan siswa akan menemui kesulitan dalam menyelesaikan tugas-tugas Sekolah.

5. Di bawah rata-rata : kemampuan siswa kurang untuk mendukung kegiatan belajar, sekalipun siswa dapat menyelesaikan tugas-tugas sekolah.

6. Rendah : kemampuan siswa rendah, kemungkinan siswa akan banyak mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah.

Motivasi Diri
Motivasi diri pada diri seseorang merupakan bagaimana cara kita melihat diri sendiri seperti pola pikir, sikap dalam mengambil keputusan, nilai-nilai moral, sikap dan pandangan, harapan dan aspirasi serta ketakutan dan kesedihan. Bagaimana seseorang memandang dirinya sendiri hal ini berkaitan dengan konsep dirinya bahwa seseorang memiliki kekurangan dan kelemahan, dan hal yang manakah yang seharusnya lebih dikembangkan. Adapun hal-hal yang mempengaruhi konsep diri (cara pandang seseorang memandang dirinya sendiri).


Sifat Diri
Sifat diri adalah kebiasaan yang dibawa sejak lahir dan cenderung menetap, walaupun demikian bisa merubah, kalau kita berusaha merubahnya. Sifat diri manusia ada dua macam yaitu sifat diri dan positif dan negative. Sifat diri yang positif artinya kebiasaan yang baik-baik, misalnya tekun, rajin, jujur, ramah, rendah hati. Sedangkan sifat diri yang negative artinya kebiasaan yang tidak baik, misalnya kikir, marah, malas, tertutup, cerewet dan lain-lain. Hal yang wajar bahwa setiap manusia mempunyai sifat tersebut dan kita harus memahami sifat-sifat kita, sebaiknya sifat kita yang positif lebih dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari, dan sifat kita yang negative diperbaiki untuk diperkecil resikonya, supaya tidak merugikan diri sendiri maupun diri orang lain


1. Tulislah sifat-sifat dirimu, kemudian diskusikan dengan teman-temanmu hasilnya kemudian ditulis pada format yang sudah disediakan.
No
Sifat yang ada pada diri saya
Penilaian teman-teman saya
Yana ……… ……… ………
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.

Kesimpulan:






2. Tulislah sifat-sifat positif yang ada dalam dirimu serta bagaimana cara mengembangkannya dalam kehidupan sehari-hari.
No Sifat-sifat positif saya Pengembangan sifat positif dalam kehidupan sehari-hari
1. Ramah 1. Selalu menyapa orang lain yang dijumpai
2. Bila di rumah ada tamu, saya beusaha menyambutnya
3. Belajar menerima telepon dengan ramah
2.


3.


4.



3. Tulislah sifat-sifat negatif yang ada dalam dirimu serta bagaimana cara mengembangkannya dalam kehidupan sehari-hari.
No Sifat-sifat negative saya Pengembangan sifat positif dalam kehidupan sehari-hari
1. Pemalu 1. Memberanikan diri menyapa pada pada yang sudah dikenal
2. Memberanikan diri apabila belum mengerti terhadap penjelasan guru
3. ………………………………………………………………………
2.


3.


4.





KONSEP DIRI REMAJA



Usia Kematangan
Remaja yang matang lebih awal, yang diperlakukan seperti orang yang hampir dewasa, mengembangkan konsep diri yang menyenangkan sehingga dapat menyesuiakan diri dengan baik. Remaja yang matang terlambat, yang diperlakukan seperti anak-anak, merasa salah dimengerti dan bernasib kurang baik sehingga cenderung berperilaku kurang dapat menyesuaikan diri.

Penampilan Diri
Penampilan yang berbeda membuat remaja merasa rendah diri meskipun perbedaan yang ada menambah daya tarik fisik. Setiap cacat fisik merupakan sumber yang memalukan yang mengakibatkan perasaan rendah diri. Sebaliknya daya tarik fisik menimbulkan penilaian yang menyenangkan tentang cirri kepribadian dan menambah dukungan sosial.

Nama dan Julukan
Remaja peka dan merasa malu bila teman-teman sekelomponya menilai namanya buruk atau bila mereka memberi julukan bernada cemoohan.

Hubungan Keluarga
Seorang remaja yang mempunyai hubungan yang erat dengan seseorang anggota keluarga akan mengidentifikasi diri dengan orang ini dan ingin mengembangkan pola kepribadian yang sama. Bila tokoh sesama jenis, remaja akan tertolong untuk mengembangkan konsep diri yang layak sesuai dengan jenis kelaminnya.














Teman-teman Sebaya
Teman-teman sebaya akan mempengaruhi pola kepribadian remaja dalam dua cara.
Pertama: konsep diri remaja merupakan cerminan dari anggapan konsep diri teman-teman tentang dirinya.
Kedua : ia berada dalam tekanan untuk mengembangkan cirri-ciri kepribadian yang diakui oleh kelompok.

Kreativitas
Remaja yang merasa kanak-kanak didorong agar kreatif dalam bermain dan dalam tugas-tugas akademis, mengembangkan perasaan individual dan identitas yang memberi pengaruh yang baik
pada konsep dirinya. Sebaliknya, remaja,yang sejak awal masa kanak-kanak didorong untuk mengikuti pola yang sudah diakui akan kurang mempunyai perasaan identitas dan indiviualitas.


Cita-cita
Bila remaja mempunyai cita-cita yang tidak realistik, ia akan mengalami kegagalan. Hal ini akan menimbulkan perasaan tidak mampu dan reaksi-reaksi bertahan dimana ia menyalahkan orang lain atas kegagalannya. Remaja yang realistik tentang kemampuannya lebih banyak lebih banyak mengalami keberhasilan dari pada kegagalan. Hal ini akan menimbulkan kepercayaan diri dan kepuasan diri yang lebih besar yang memberikan konsep diri yang lebih baik.










D. Tipe Kepribadian

Tipe Realistik
Seseorang yang memiliki tipe kepribadian ini biasanya memiliki keterampilan dalam hal mekanis, manual, teknis, prtanian, dan pemecahan masalah praktis dan kongkrit. Seseorang yang memiliki karakter tipe realistik ini bersifat praktis, materialistik, tidak terlibat dengan orang lain, dan menyenangi pekerjaan di luar rumah. Mereka menghargai kekuatan dan hasilpekerjaan yang tmpak, dan kurang memiliki keterampilan berhubungan antar pribadi yang lain






Tipe Investigatif

Seseorang yang memiliki kepribadian tipe investigatif ini memerlukan kemampuan matematis dan ilmiah, kecenderungan menggunakan metode ilmiah, analitik, introspektif, berorientasi pada tugas, berpikir komplek, dan memiliki nilai serta sikap yang tidak konvensional. Mereka menghargai pendekatan ilmiahdalam kehidupan, dan kurang memiliki keterampilan sosial dan kepemimpinan














Tipe Artistik

Seseorang yang memiliki tipe kepribadian artistik memerlukan penggunaan keterampilan kreatif dalam lingkungan yang tidak sistematis, orang yang bersikap artistik bersikap imajinatif, ekspressif, sensitif, dan tidak konformis. Mereka menghargai kebebasan, ambiguitas, dan estetika, dan kurang memiliki keterampilan dalam memanipulasi data secara teratur.







Tipe Sosial

Seseorang yang memiliki ciri kepribadian sosial memerlukan keterampilan sosial, pendidikan, seseorang yang memiliki tipe sosial lebih bersikap kooperatif, etis, bertanggungjawab, penuh pemahaman dan ramah. Mereka menghargai hubungan antar pribadidan kurang memiliki keterampilan mekanis dan ilmiah



Tipe Usaha

Seseorang yang memiliki tipe kepribadian ini memerlukan ketarampilan persuasif, manipulatif, dan kepemimpinan. Seseorang yang bertipe ini cenderung ambisius, ekstraver, mendominasi, dan percaya diri. Mereka menghargai keberhasilan dalam bidang ekonomi, politik dan kurang memiliki kemampuan ilmiah












Tipe Konvensional

Seseorang yang memiliki tipe kepribadian konvensional memerlukan keterampilan mengorganisasikan dan memanipulasi data secara sistimatis, dan kecenderungan metodis, konformis, kerja keras, tidak imajinatif, praktis, senang mengabdi, dan menyenangi bahasa yang tersusun baik. Mereka menghargai organisasi serta keberhasilan dalam bidang bisnis dan kurang memiliki keterampilan artistik



















1. Termasuk tipe kepribadian yang manakah kamu ini?
Jawab:…………………………………………………….
………………………………………………………
………………………………………………………
Alasannya:
………………………………………………………
………………………………………………………
………………………………………………………















Setiap orang dilahirkan dengan satu diri yang istimewa, esensi kelangsungan hidup kita, sering dikatakan dengan banyak cara, ‘’Saya’’. Saya ingin, saya perlu kasih sayang, penegasan, bukti, kekuatan, pengenalan, keamanan, pencapaian.
Daftarnya sangatlah panjang. Kita masing-masing memiliki satu set motivasi yang dominan dan kebutuhan-kebutuhan yang membentuk kepribadian dan perilaku kita, berdasarkan apa yang tampaknya menjadi cara terbaik untuk mencapainya.
Pertanyaan kelompok berikut ini menandakan jenis kepribadian tertentu anda. Beri tanda jawaban ‘’Ya” atau ‘’Tidak” untuk masing-masing pertanyaan pada setiap kelompok sesuai dengan keadaan diri anda dan cobalah menilai jenis kepribadian anda.



KELOMPOK A


NO URAIAN PERNYATAAN YA TIDAK
1. Apakah anda suka situasi yang memberikan anda peluang untuk mengambil tanggungjawab personal terhadap pemecahan suatu problema/masalah?
2. Apakah anda memilih mencapai tujuan yang moderat dengan kerja keras dan kemampuan?
3. Apakah anda memilih perhitungan risiko dalam melaksanakan pekerjaan yang menantang?
4. Apakah anda sering mencapai umpan balik konkrit dalam mengerjakan suatu pekerjaan dengan baik?
5. Apakah anda sering mempertimbangkan pekerjaan yang menantang itu, cukup memberi motivasi pada diri anda?
6. Apakah tujuan motivasi membuat seseorang menjadi terpuruk?
7. Apakah anda suka membaca buku berkenaan bagaimana menyelesaikan sesuatu?


Kelompok B


NO URAIAN PERNYATAAN YA TIDAK
8. Apakah anda sering memerlukan konfirmasi dari orang lain untuk menyakinkan diri anda?
9. Apakah anda lebih menyukai bekerja berkelompok dari pada bekerja sendiri?
10. Apakah anda berusaha ekstra keras untuk lebih disukai orang lain?
11. Apakah anda sering berdamai terhadap sesuatu yang tidak kamu sukai, terhadap konflik dan berupaya mencari cara untuk menyelesaikannya?
12. Apakah anda kooratif dan membantu orang lain dengan mengharapkan balasan?
13. Apakah anda mencari buku popular yang menjelaskan bagaimana diri anda lebih disukai dari yang sekarang ini?
14. Apakah anda merasa bebas mengeluh tentang apa yang terjadi dengan orang asing (misalnya penumpang ikutan) ketimbang anda bekerja atau hidup pada orang tersebut?


Kelompok C


NO URAIAN PERNYATAAN YA TIDAK
15. Apakah tujuan utama anda terletak dalam memperoleh dan menggunakan kekuatan dan wewenang?
16. Apakah anda mencari posisi dengan kewenangan yang tertinggi atau memiliki pengaruh personal/diri yang tinggi?
17. Apakah anda sering lebih tertarik dalam mempengaruhi orang lain?
19. Apakah anda sering mempertahankan ‘’perilaku yang tidak dapat dijaga’’ lewat kritikan-kritikan anda dan merasa diri anda lebih baik dan anda tahu apa yang anda inginkan?
20. Apakah anda sering memilih bacaan secara biografi pemimpin yang kuat, berhasil dan karismatik?


PENAFSIRAN

Pastikan kelompok pernyataan diatas dengan jawaban
anda dengan menghitung dan menjumlahkannya
jawaban “YA”
untuk masing-masing kelompok pertanyaan A, B, dan C secara terpisah.
Jika anda menemukan diri anda dengan nilai maksimum maka anda:


































TUJUAN: Mencapai kematangan dalam pilihan karier dan mencapai kemantapan
pemahaman diri berkenaan dengan kecenderungan karier yang hendak dicapainya dengan melihat tipe
kepribadian anda


Kepribadian merupakan organisasi yang dinamis dalam diri individu, yang terdiri dalam psiko fisik yang menentukan bagaimana cara menyesuaikan diri dari diri individu terhadap lingkungannya. Setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda, bahwan diseluruh dunia ini tidak ada yang memiliki kepribadian yang sama. Terbentuknya kepribadian seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu faktor bawaan (fisik dan psikis, faktor pengalaman dari keluarga dan pengalaman dalam kehidupan) faktor kepribadian ini memiliki peranan yang berpengaruh terhadap diri seseorang.

Di dalam kepribadian itu ada tipe kepribadian antara lain:
1. tipe realistis
2. tipe intelektual
3. tipe sosial
4. tipe konvensional
5. tipe artistik



INVENTORI KEPRIBADIAN
A. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan menyesuaikan keadaan diri anda dengan memberi tanda cek (v) pada kolom tanda positif (+), dan pada kolom tanda negetif (-) pada tabel ini:
No Pernyataan (+) (-)
1. Saya mudah mengambil keputusan
2. Ada saatnya pikiran saya lebih cepat dari pada ucapan saya
3. Saya termasuk orang yang mudah bergaul
4. Untuk menghindari kesalahan saya bekerja berhati-hati dalam berlahan-lahan
5. Saya sering dapat mempengaruhi orang lain untuk mengerjakan apa yang saya inginkan
6. Saya sengan dengan keindahan
7. Kehidupan ini sebenarnya sangat baik buat saya
8. Saya suka pada ilmu pengetahuan
9. Saya tidak memiliki kesulitan untuk memperlihatkan rasa kagum pada orang lain
10. Saya akan merasa senang apabila semua orang hormat pada saya
11. Sikap dan tingkah laku saya membuat orang lain bersikap hormat terhadap saya
12. Komposisi warna dan musik sangat menarik buat saya
13. Tidak saya sangka bahwa musuh besar saya adalah diri sendiri
14. Agaknya masa depan terasa suram bagi saya
15. Saya orang yang mudah mengucapkan terimakasih pada orang lain
16. Saya orang yang mudah benci dalam perdebatan
17. Saya jarang memerintah orang, namun orang lain sering melakukan tugas seperti yang saya inginkan
18. Bagi saya seni itu tidak bermanfaat
19. Produktivitas saya sebenarnya jauh lebih rendah dari pada potensi saya
20. Saya biasanya bertanya-tanya tentang latar belakang tentang suatu permasalahan
21. Saya jarang sekali bertengkar dengan teman, keluarga dll
22. Saya senang dengan kesederhanaan
23. Pujian dan pengahargaan membuat saya bersemangat untuk melalukan berbagai hal
24. Saya tertarik pada satu jenis seni saja
25. Ketika saya kecewa saya dapat menunjukkan aspek masalah yang mengganggu saya
26. Bagi saya setiap tindakan berdasarkan logika
27. Saya sulit memulai percakapan dengan orang yang baru saya kenal
28. Bagi saya setiap orang harus menghormati orang lain berdasarkan usia, kedudukan, jabatan dan pendidikan
29. Bagi saya kerja keras merupakan suatu keharusan
30 Bagi saya mempunyai hobi seni adalah suatu kebanggaan










B. Tulislah tiga alasan untuk setiap nomor, mengapa anda menjawab positif (+) atau negatif (-) pada kolom di bawah ini
No Pernyataan dan Pilihan Jawaban Alasan Jawaban
1. Saya mudah mengambil keputusan ( )

2. Ada saatnya pikiran saya lebih cepat dari pada ucapan saya ( )

3. Saya termasuk orang yang mudah bergaul ( )

4. Untuk menghindari kesalahan saya bekerja berhati-hati dalam berlahan-lahan ( )
5. Saya sering dapat mempengaruhi orang lain untuk mengerjakan apa yang saya inginkan ( )
6. Saya sengan dengan keindahan ( )

7. Kehidupan ini sebenarnya sangat baik buat saya ( )

8. Saya suka pada ilmu pengetahuan ( )

9. Saya tidak memiliki kesulitan untuk memperlihatkan rasa kagum pada orang lain ( )
10. Saya akan merasa senang apabila semua orang hormat pada saya ( )

11. Sikap dan tingkah laku saya membuat orang lain bersikap hormat terhadap saya ( )


12. Komposisi warna dan musik sangat menarik buat saya ( )

13. Tidak saya sangka bahwa musuh besar saya adalah diri sendiri ( )

14. Agaknya masa depan terasa suram bagi saya ( )

15. Saya orang yang mudah mengucapkan terimakasih pada orang lain ( )

16. Saya orang yang mudah benci dalam perdebatan ( )

17. Saya jarang memerintah orang, namun orang lain sering melakukan tugas seperti yang
saya inginkan ( )
18. Bagi saya seni itu tidak bermanfaat ( )

19. Produktivitas saya sebenarnya jauh lebih rendah dari pada
potensi saya ( )
20. Saya biasanya bertanya-tanya tentang latar belakang tentang suatu permasalahan ( )
21. Saya jarang sekali bertengkar dengan teman, keluarga dll ( )

22. Saya senang dengan kesederhanaan ( )

23. Pujian dan pengahargaan membuat saya bersemangat untuk melalukan berbagai hal ( )
24. Saya tertarik pada satu jenis seni saja ( )

25. Ketika saya kecewa saya dapat menunjukkan aspek masalah yang mengganggu saya ( )
26. Bagi saya setiap tindakan berdasarkan logika ( )

27. Saya sulit memulai percakapan dengan orang yang baru saya kenal ( )

28. Bagi saya setiap orang harus menghormati orang lain berdasarkan usia, kedudukan, jabatan dan
pendidikan ( )
29. Bagi saya kerja keras merupakan suatu keharusan ( )

30 Bagi saya mempunyai hobi seni adalah suatu kebanggaan ( )


















PENAFSIRAN


Pindahkanlah semua tanda (+) dan (-) pada kolom-kolom di bawah ini, sesuai dengan nomor yang tertera di sebelah kirinya. Bilamana selesai memindahkan tanda. Cocokkanlah jawaban anda dengan kunci jawaban pada halaman berikut ini: Berilah nilai (1) untuk jawaban yang cocok dan nilai (0) untuk jawaban yang tidak cocok


No Urut No Pernyataan Jawaban Anda Tipe Kepribadian Anda
1. 1 REALISTIS
cenderung untuk memilih lapangan pekerjaan yang berorientasi penerapan, misalnya: penerbang, operator mesin, ahali listrik, peternak, dan pekerjaan sejenisnya. Studi kelanjutan jurusan teknik, peternakan, pertambangan, telekomunikasi, penerbangan,kerajinan dan program studi sejenisnya.
2. 7
3. 13
4. 19
5. 25
Jumlah
6. 2 INTELEKTUAL
Cenderung untuk memilih lapangan pekerjaan yang berorientasi pada penalaran, misalnya: ahli kimia, fisika, biologi, matematika, peneliti, penulis, meteorologi, geofisika. Tipe ini disarankan untuk memilih jurusan kimia, fisika, biologi, statistik, matematika, jurnalistik, meteorologi, geofisika, astronomi dan sejenisnya.
7. 8
8. 14
9. 20
10. 26
Jumlah
11. 3 SOSIAL
Cenderung untuk memilih pekerjaan seperti: guru, pekerja sosial, konselor, psikolog, perawat, dan sejenisnya. Tipe ini disarankan untuk memilih jurusan keguruan, kependidikan, sosiologi, antropologi, psikolog, perawat, dan jurusan sejenisnya.
12. 9
13. 15
14. 21
15. 27
Jumlah
16. 4 KONVENSIONAL
Cenderung untuk memilih lapangan pekerjaan yang berorientasi pada kegiatan verbal/berbahasa, pengabdian, status, kekuasaan seperti: sektretaris, pegawai administrasi, kasir, akuntan, pegawai bank, pustakawan. Tipe ini disarankan memilih jurusan sekretaris, perpajakan, akuntasi, perbankan, perpustakaan.
17. 10
18. 16
19. 22
20. 28
Jumlah
21. 5 USAHA
Cenderung untuk memilih lapangan pekerjaan yang berorientasi pada menguasai dan mempengaruhi orang lain, kebendaan, pengahrgaan materi, seperti: pedagang, polotikus, menejer dan sejenisnya. Tipe ini disarankan memilih jurusan ekonomi, ilmu sospol, manajemen, HI, administrasi negara/niaga.
22. 11
23. 17
24. 23
25. 29
Jumlah
26. 6 ARTISTIK
Cenderung memelih lapangan pekerjaan yang berorientasi pengaturan dan ekspresi bentuk, warna, musik dan gerakan seperti pemahat, pelukis, penari, penyanyi, bintang film, model komponis, dekarator dan pekerjaan sejenisnya. Tipe ini memilih jurusan seni rupa, drama, tari, musik, kerajinan dan jurusan sejenisnya.
27. 12
28. 18
29. 24
30. 30
Jumlah



KUNCI JAWABAN



Setelah anda menjawab pertanyaan di atas, maka cocokanlah
jawaban anda dengan kunci jawaban di bawah ini. Berikan nilai 1 (satu) untuk jawaban
yang cocok, dan nilai 0 (nol) untuk jawaban yang tidak cocok.



1. (+) 11. (+) 21. (+)
2. (+) 12. (+) 22. (+)
3. (+) 13. (+) 23. (+)
4. (+) 14. (-) 24. (+)
5. (+) 15. (+) 25. (+)
6. (+) 16. (+) 26. (+)
7. (+) 17. (+) 27. (-)
8. (+) 18. (-) 28. (+)
9. (+) 19. (+) 29. (+)
10. (+) 20. (+) 30. (+)








0 Response to "Jenis Kepribadian"

Posting Komentar