EKSPLORASI POTENSI DASAR UNTUK BELAJAR

Belajar pada dasarnya merupakan proses usaha aktif seseorang untuk memperoleh sesuatu, A. Pendahuluan Setiap manusia dilengkapi dengan bakat/kecakapan walaupun dengan kadar yang berlainan dan memiliki minat yang berbeda antar satu siswa dengan siswa yang lain. Untuk dapat mengembangkan bakat secara optimal dan sesuai dengan bakat, langkah awal yang perlu ditempuh adalah melakukan berbagai upaya untuk memahami bakat dan minat yang di miliki. Nah, sebelumnya kita harus tahu apa sih Bakat itu? Bakat adalah kemampuan tertentu yang di bawa sejak lahir. Atau juga Bakat adalah suatu kondisi pada seseorang yang dengan suatu keahlian khusus memungkinkan mencapai suatu kecakapan, pengetahuan dan keterampilan khusus misalnya kemampuan berbahasa, kemampuan bermain, dan lain-lain. B. PRASYARAT Syarat untuk bisa memahami modul ini kamu harus membaca materi yang akan disampaikan lebih lanjut pada kegiatan belajar pada halaman berikutnya. Dengan membaca materi ‘’’Eksplorasi Potensi Dasar Untuk Belajar’’ kamu akan banyak mendapat pemahaman, bimbingan, dan penerapan dalam: a. Belajar Sepanjang Hayat b. Tanggung jawab dalam belajar c. Keajaiban otak d. Intelegensi e. Bakat f. Minat g. Kreativitas h. Evaluasi C. PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL Agar kamu berhasil dan menguasai serta mampu menerapkan materi pada modul satu ini, maka bacalah dengan cermat dan ikuti petunjuk ini dengan baik diantara sebagai berikut: 1. Bacalah doa terlebih dahulu sesuai dengan keyakinan yang kamu anut dengan tujuan diberikan kemudahan jalan dan pikiran untuk bisa mempelajari dengan mudah 2. Bacalah dengan serius dan santai serta seksama sehingga kamu dapat mencapai penguasaan materi dengan baik dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. 3. Kerjakan dan lengkapilah Lembar Kegiatan Siswa (LKS) pada halaman yang sudah disediakan dengan jelas, tanpa ada tugas yang tertinggal karena dapat menghambat kamu untuk menyelesaikan tugas berikutnya. 4. Kerjakan secara mandiri tanpa harus menunggu teman, dengan belajar mandiri kamu dapat termotivasi mengerjakan lebik maksimal sesuai dengan kemampuan kamu sendiri, serta hindarilah kerja saling mencontek dengan teman sebangku atapun dengan teman satu kelas. 5. Menggunakan bahan atau sumber belajar misalnya buku perpustakaan, pengalaman pribadi/orang lain, majalah, koran, televisi dan masih banyak sumber belajar lain yang dapat kamu gunakan untuk menunjang/mendukung proses belajarmu. E. Tujuan Pembelajaran Agar anda mengenal dan memahami potensi, tingkatan kemampuan, dan kemampuan yang anda miliki dalam rangka mempersiapkan diri memilih sekolah lanjutan atau memasuki bidang perkerjaan tertentu. EKSPLORASI POTENSI DASAR UNTUK BELAJAR Uraian materi A. Belajar Sepanjang Hayat Belajar pada dasarnya merupakan proses usaha aktif seseorang untuk memperoleh sesuatu, sehingga terbentuk perilaku baru menuju arah yang lebih baik. Kenyataannya para pelajar seringkali tidak mampu mencapai tujuan belajarnya atau tidak memperoleh perubahan tingkah laku sebagaimana semestinya yang diharapkan. Hal tersebut menunjukana bahwa siswa perlu pembelajaran secara khusus untuk mencapau hasil belajar. Betulkah kita lahir untuk menjadi manusia pembelajar (born to leran)?? Manusia makhluk belajar, seorang lahir dalam keadaan lemah, tidak tahu apa-apa dan tidak bisa apa-apa. Manusia akan sukses apabila belajar terus menerus sepanjang hayat dengan tujuan akhir derajat kemuliaan manusia sejati. Untuk itu kita perlu langkah-langkah kongkret, yaitu belajar dan berlatih, kita harus bisa mengembangkan kecakapan kesadaran potensi diri dan melakukan pengolahan informasi diri. B. Tanggung Jawab dalam Belajar Siapa yang bertanggungjawab akan kebodohan yang ada pada diri kita?? Dan sebaliknya siapa yang paling berperan ketika kita sukses berprestasi?? SETIAP ORANG ATAU INDIVIDU BERTANGGUNGJAWAB PADA DIRINYA SENDIRI!!!! Jadi, pintar atau bodohnya kita, tergantung pada diri kita sendiri!!! SAYA BERTANGGUNG JAWAB ATAS: Belajar masa depan Belajar saya Semua pikiran saya Semua pilihan saya Semua keputusan saya Ucapan saya Apa yang saya dengarkan Keinginan saya Apa yang saya lakukan Untuk apa semua umur saya C. Keajaiban Otak Kita Penelitian mutakhir membuktikan bahwa manusia terdiri dari bermilyar-milyar sel aktif. Sejak lahir sedikitnya mempunyai 100 milyar sel otak aktif. Setiap sel mampu membangun jaringan masing-masing 20.000 cabang atau (dendrite) Yang mencengangkan, ketika awal kehidupan otak kita berkembang melalui proses berfikir alamiah dengan kecepatan 3 milyar sambungan per detik. Sebagai ilustrasi, ketika tahun 1997 dalam tiga hari pertama jutaan pengguna komputer dapat membuat jaringan internet 200 juta sambungan, pada hal otak manusia hanya dalam 1 detik mampu membuat jaringan 15 kali lebih besar dibandingkan jaringan internet dalam 3 hari. Otak kiri dan kanan Selama ini dalam belajar atau kehidupan sehari-hari kita hanya menggunakan setengah kemampuan saja, yakni otak kiri. Seharusnya otak kiri dan kanan dimanfaatkan semua secara harmonis. Ciri otak kiri : berfikir secara berurutan, bagian pembagian, dan sesuatu yang logis Ciri otak kanan: bekerja melengkapi yaitu berfikir acak atau menyuruh dan kreatif. Otak kanan berperan besar dalam proses menghafal cepat, membaca cepat dan berfikir kreatif. Anatomi Otak dan Fungsi Belajar Ada tiga bagian utama otak manusia, yaitu: a. Batang otak (otak replite) Batang otak posisinya di tengkorak bagian dasar, kerja otak mengontrol banyak fungsi dari : pernapasan, detak jantung, instink (melawan, marah, berlari). b. Sistem limbik (otak manusia) Sistem limbik adalah bagian tengah otak yang melapisi batang otak, bagaikan kerah baju. Komponen kunci simtem limbik adalah hipotalamus dan amikdala. Tugas simtem limbik adalah mengendalikan perilaku emosional dan perilaku yang mencapai tujuan tertentu. Limbik inilah yang mengendalikan memori (ingatan, emosi, hormon, rasa haus, lapar, metabolisme tubuh, fungsi kekebalan, dan kesehatan), hal lain yang menyebabkan sistem limbik adalah rasa senang, permainan peran, kerjasama, dan permainan lain yang termasuk bagian penting dalam proses belajar. Jadi secara ilmiah sangat dibenarkan untuk menggunakan kreatifitas seni drama, warna warni, emosi dan permainan-permainan sebagai alat bantu dan sarana efektif pendidikan. c. Neo korteks (otak berfikir) Lapisan paling luar dan membungkus sismtem limbik adalah neo korteks, lapisan ini hanya dimiliki oleh otak manusia. Neo korteks berhubungan dengan fungsi-fungsi : melihat, mendengar, berbicara, mencipta, berfikir. Dalam neo korteks keputusan-keputusan dibuat pengalaman-pengalaman disimpan dalam memori, pembicaraan diproduksi dan difahami lukisan dilihat dan diapresiasi, musik didengar dan dinikmati. Neo korteks ini benar-benar luar biasa, tempat kecerdasan yang membuat kita menjadi betul-betul manusiawi. Neo korteks berhubungan dengan fungsi-fungsi antara lain: melihat, mendengar, mencipta, berfikir, dan berbicara, dalam neo korteks keputusan-keputusan dibuat, pengalaman-pengalaman disimpan dalam memori, pembicaraan diproduksi dan dipahami, lukisan dilihat dan diapresiasi, musik didengar dan dinikmati. Bagaimana mendesain situasi belajar yang menyenangkan? Volume tertinggi kerja otak (sistem limbik) ketika suasana hati dan situasi belajar dalam kondisi menyenangkan, mengairahkan, memotivasi, memancing dan membangkitkan semangat tersebut? Tugas ini diselembar kertas kemudian tempel di modul ini? Mengertikah kamu...........?? D. Intelegensi/potensi intelektual Kemampuan (intelegensi) adalah kualitas kemampuan umum yang dimiliki seseorang dalam menjalankan kegiatan mental pada umumnya, yaitu kemampuan untuk mengabtraksikan hal-hal konkrit dan kemampuan membentuk konsep. Sedangkan bakat adalah kemampuan khusus yang dimiliki seseorang dalam menjalankan pada bidang tertentu atau kondisi khusus yang berupa potensi disertai latihan dan belajar dan dapat dikembangkan dengan suatu keahlian tertentu. Maka bila seseorang memiliki keahlian dibidang musik, bila ia belajar dan latihan maka ia akan lebih cepat menguasai dan mahir dibidang tersebut bila dibandingkan dengan orang lain yang tidak memiliki keahlian tersebut. Intelegensi (kecerdasan) adalah keseluruhan kemampuan individu untuk berfikir dan bertindak secara terarah serta mengolah dan menguasai lingkungan secara efektif. (Marthen Pali, 1993). Satuan intelegensi disebut IQ (Intelligence Questions) yang dilakukannya dengan melaksanakan tes intelegensi, taraf kecerdasan seseorang dapat dibedakan menjadi beberapa tingkatan sebagai berikut: No IQ Klasifikasi Kemampuan Intelektual Prestasi Belajar Minimal 6. 5. 4. 3. 2. 1. ...... – 79 80 – 89 90 – 109 110 – 119 120 – 135 136 - ..... Rendah Dibawah rata-rata Rata-rata Diatas rata-rata Superior Sangat superrior - 5,5 6 7-8 9 9 -10 Sumber: Marthen Pali, 1995 Intelegensi bukanlah satu-satunya penentu keberhasilan, bahkan menurut penelitian peranan intelegensi (IQ) hanya 20% saja bagi keberhasilan. Selebihnya 80% ditentukan oleh faktor hal yang lain yaitu kecerdasan emosional. Mengenali intelegensi diri Sebutkan atau perkirakan pada klasifikasi mana intelegensi yang ada pada diri anda! Apakah anda telah memaksimalkan intelegensi untuk belajar? Apakah anda telah kerja keras dalam memanfaatkan kecerdasan otak anda untuk belajar? E. Bakat Karena setiap manusia dilengkapi dengan bakat/kecakapan walaupun dengan kadar yang berlainan dan memiliki minat yang berbeda antar satu siswa dengan siswa yang lain. Untuk dapat mengembangkan bakat secara optimal dan sesuai dengan bakat, langkah awal yang perlu ditempuh adalah melakukan berbagai upaya untuk memahami bakat dan minat yang di miliki. Nah, sebelumnya kita harus tahu apa sih Bakat itu? Bakat adalah kemampuan tertentu yang di bawa sejak lahir. Atau juga Bakat adalah suatu kondisi pada seseorang yang dengan suatu keahlian khusus memungkinkan mencapai suatu kecakapan, pengetahuan dan keterampilan khusus misalnya kemampuan berbahasa, kemampuan bermain, dan lain-lain. Bakat dan kemampuan yang dimiliki seseorang tidak akan sama. Ada yang berbakat di bidang main bola, melukis, mengarang, menyanyi dan sebagainya. Dari ketidaksamaan inilah maka tiap-tiap orang akan mencapai karier yang berbeda-beda sesuai dengan bakat dan pengembangannya. Namun adapula bakat yang tidak berkembang, bakat seperti itu disebut bakat terpendam. Dengan tidak adanya faktor penunjang dan usaha untuk mengembangkannya, maka bakat tersebut lama-kelamaan akan hilang. Nah, apakah kalian merasa seperti itu coba periksa diri kalian. Dapat disimpulkan bahwa Bakat adalah kemampuan dasar seseorang untuk belajar dalam waktu yang relatif pendek bila dibandingkan dengan orang lain, namun hasilnya justru lebih baik. Contoh seseorang yang memiiki bakat melukis akan lebih cepat mengerjakan pekerjaan melukisnya dibandingkan seseorang yang kurang berbakat. Bakat juga merupakan potensi yang bakal diwujudkan diwaktu yang akan datang. Hal ini berarti bakat hanya menunujukkan peluang saja. Yakni peluang keberhasilan. Dengan kata lain bakat harus disemaikan, diwujudkan dan dikembangkan. No Mata Pelajaran Baik Cukup Kurang 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. 11. 12. 13. Agama Olah Raga Kesenian Bahasa Indonesia Bahasa Inggris IPS Matematika IPA Keterampilan Mata pelajaran-mata pelajaran apa saja yang dirasakan paling menonjol/mampu : a. ………………. b. ……………… Mengenali bakat diri sendiri Sebutkan atau perkirakan bakat-bakat yang anda miliki! bagaimana anda memberdayakannya bakat-bakat tersebut untuk belajar? F. Minat Minat adalah campuran dari perasaan, harapan, pendidikan, prasangka, rasa takut atau kecenderungan- kecenderungan lain yang yang mengarahkan individu kepada suatu pilihan. Pada intinya minat seseorang adalah berhubungan dengan senang atau tidaknya terhadap suatu bidang tertentu. Tujuan memahami bakat Agar anda mengenal dan memahami potensi, tingkatan kemampuan, dan kemampuan yang anda miliki dalam rangka mempersiapkan diri memilih sekolah lanjutan atau memasuki bidang perkerjaan tertentu. Mengapa memahami itu penting Karena informasi ini dapat digunakan untuk memilih bidang pekerjaan yang sesuai dengan diri anda. Dengan demikian anda memiliki kesempatan untuk berhasil dalam meniti karier dimasa depan. Setiap orang yang mempunyai minat yang berbeda, walaupun diantaranya ada juga yang sama. Dua hal yang perlu diperhatikan menyangkut minat adalah : Pertama, minat pembawaan. Minat ini muncul dengan tidak dipengaruhi oleh faktor-faktor lain, baik kebutuhan maupun lingkungan. Biasanya minat ini muncul berdasarkan bakat yang ada. Dengan kata lain apabila seseorang mempunyai bakat dibidang seni lukis, maka ia berminat untuk mengikuti les lukis. Kedua, minat yang muncul karena ada pengaruh dari luar Minat seseorang saja berubah karena adanya pengaruh dari luar seperti lingkungan dan kebutuhan. Berkenaan dengan hal itu, maka beberapa kegiatan berikut diharapkan dapat membantu anda memahami bakat yang anda miliki dan memahami minat sekaligus membuka peluang untuk mengembangkanya untuk kebutuhan masa depan. Minat atau interes adalah kecenderungan dan kegairahan yang tinggi atau keinginan yang tinggi, dan kecenderungan seseorang untuk suka dan tidak suka terhadap sesuatu hal. Minat ikut menentukan tinggi rendahnya kualitas pencapaian hasil belajar siswa. Minat bukanlah sesuatu hal yang bersifat statis atau berhenti, tetapi bersifat dinamis dan mengalami pasang surut. Minat bersifat dan dapat dipelajari maksudnya sesuatu yang semula tidak disukai dapat berubah menjadi diminati karena sesuatu hal atau adanya faktor penyebab tertentu. Misalnya pada suatu pelajaran tertentu ada yang tidak disukai dan berubah menjadi disukai karena adanya penyebab suatu hal sehingga menyukai misalnya pada penampilan guru, cara pengajarannya. Jenis-jenis minat (Guilford 1956) a) Minat vokasional merujuk pada bidang-bidang pekerjaan Minat vokasional terdiri atas 3 kelompok yaitu: • Minat profesional : minat keilmuan, seni dan kesejahteraan sosial • Minat komersial : minat pada pekerjaan dunia usaha, jual beli, periklanan, akuntansi, sekretaris. • Minat gerakan fisik : mekanik, kegiatan luar, penerbangan. b) Minat avokasional, yaitu minat untuk memperoleh kepuasan atau hobi misalnya petualangan, hiburan, apresiasi, artistic, ketelitian dan lain-lain. Mengenali minat diri sendiri Sebutkan atau perkirakan minat-minat yang saat ini berkembang pada diri anda! Sejauh mana minat-minat tersebut telah mendukung kesuksesan belajar anda? Faktor yang Mempengaruhi Pengembangan Bakat dan Minat Untuk mencapai studi lanjutan dan pemilihan pekerjaan (karier) yang sesuai dengan bakat dan minat kita, tidak lepas pula dari faktor-faktor penunjuang dan faktor-faktor penghambat bakat dan minat itu mengembangkannya dan menggunakanya untuk kebutuhan masa depan. Faktor penunjang dan faktor penghambat itu dapat berupa keadaan fisik, keterampilan yang dimiliki, keadaan sosial ekonomi, fasilitas/sarana, dorongan/keinginan untuk kegiatan dan keinginan orang tua. Seperti pada contoh dibawah ini terdapat hambatan fisik dan hambatan sosial/ekonomi. Haris ingin sekali menjadi pilot, nilai pelajarannya cukup baik, ia menyenangi mesin-mesin. Tetapi dalam persyaratan menjadi pilot harus mempunyai tinggi badan 170 cm. Sedangkan tinggi badan Haris hanya 162 cm. Sehingga, karena hambatan fisiknya ia tidak dapat memenuhi keinginanya. Seorang siswa yang mempunyai bakat matematika dapat memperoleh nilai yang tinggi meskipun dia belajarnya belum maksimal. Namun, adakalanya seseorang memperoleh hasil yang sangat mengecewakan walaupun usahanya sudah maksimal. Ini merupakan petunjuk, mungkin seseorang itu kurang berhasil. Manfaat Pemahaman Bakat dan Minat Setelah kita memahami bakat dan minat kita, pemahaman itu akan bermanfaat bagi pengambilan atau menentukan keputusan dalam karier yang baik perlu adanya kesesuaian antara bakat dan minat, kesesuaian ini akan membuat orang merasa senang dan merasa puas terhadap pekerjaannya. Contoh : Arya mempunyai bakat di bidang yang berhubungan dengan kata-kata seperti penyiar dan pembawa acara. Arya juga sangat senang dan tertarik untuk mengikuti festival-festival kepenyiaran. Dan ternyata dia sekarang bangga menjadi pembawa acara salah satu program televisi swasta. Jadi gimana nih, kalian ingin tahukan bakat dan minat kalian 1. Minat di bidang akademis Anda urutkan mata pelajaran yang paling anda sukai dengan alasannya dan urutkan pertama, berikutnya mata pelajaran yang memiliki tingkat kesukaannya sedikit dibawahnya. No Mata Pelajaran Alasan 1. 2. 3. 4. 5. 2. Minat di bidang kegiatan dan keterampilan Di samping ada beberapa pelajaran yang anda sukai, tentunya ada pula keterampilan yang anda sukai. Minat di bidang kegiatan dan keterampilan No Bidang Kegiatan/Keterampilan Jenis Kegiatan/Keterampilan Alasan 1. 2. 3. 4. Olahraga Keseniaan Keterampilan Lain-lain 1.1 ………………. 1.2 ………………. 1.3 ………………. 2.1 ………………. 2.2 ………………. 2.3 ………………. 3.1 ……………….. 3.2 ……………….. 3.3 ……………….. 4.1 ………………. 4.2 ………………. 3. Urutan minat di bidang kegiatan dan keterampilan urutkan jenis kegiatan dan keterampilan yang telah anda tuliskan No Bidang Kegiatan/Keterampilan Alasan 1. 2. 3. 4. 5. 4. Minat pendidikan Sekolah menengah mana yang anda pilih untuk melanjutkan sekolah dan alasannya No Sekolah Lanjutan Alasan 1. 2. 3. 4. 5. 5. Minat pekerjaan Anda ketahui bahwa masyarakat terdapat banyak pekerjaan, dari berbagai jenis pekerjaan yang ada, pekerjaan apa yang anda inginkan No Jenis Pekerjaan Alasan 1. 2. 3. 4. 5. 6. Kegiatan yang disenangi No Kegiatan yang anda senangi Faktor- faktor yang menunjang Frekuensi Kegiatan 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. Sebutkan semua faktor yang diperkirakan dapat menghambat pengembangan bakat dan minat anda. Tuliskan faktor penghambat itu secara berurutan dari yang sedikit hambatanya. a. …………………………. d. ………………… b………………………….. e. ………………… c. ………………………….. f. ………………… berilah penilaian apakah masih mungkin faktor penghambat itu dapat diatasi, faktor- faktor apakah itu ? a. ………………………………… b. …………………………………. c. ……………………………….. d. …………………………………. G. Kreatifitas Kreativitas adalah potensi seseorang untuk memunculkan sesuatu yang baru. Kreativitas atau daya cipta memungkinkan penemuan-penemuan baru dalam bidang ilmu dan teknologi serta dalam semua bidang usaha lainnya. Guilford mendeskripsikan empat ciri kreativitas: a) Kelancaran : kemampuan untuk memproduksi ide-ide sebanyak mungkin b) Keluwesan : kemampuan untuk mengajukan bermacam-macam pendekatan/jalan pemecahan masalah c) Penguraian : kemampuan untuk menguraikan sesuatu hal sehingga menjadi terperinci d) Perumusan kembali : kemampuan untuk mengkaji kembali sesuatu persoalan melalui cara yang berbeda dengan yang sudah lazim Bagaimana anda menerapkan kreatifitas dalam belajar? Bagaiman mengingat, membaca, memahami, mengerjakan hitungan secara kreatif? Temukanlah cara-cara kreatif yang sesuai dengan diri anda. Mengenali kreativitas diri sendiri Sebutkan mana yang menonjol dari ciri-ciri kretivitas yang telah diuraikan di atas, yang ada pada diri anda! Dan bagaimana anda mengembangkan kreativitas untuk meningkatkan hasil belajar? Daftar Rujukan Ahmadi Abu. 1991. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta. Graham, Stedman.2003. I Can Do It 9 Kiat Meraih Sukses Khusus Remaja. Bandung. Hurlock Elizabeth. 1992. Psikologi Perkembangan, Edisi kelima. Jakarta: Erlangga. _____________, 2006/2007. Modul Bimbingan Konseling Kelas 7. MGP Kota Malang: Randu Agung. ……tanpa tahun. Kumpulan Satuan Layanan. Malang: Pemerintah Kota Malang Dinas Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Malang.

0 Response to "EKSPLORASI POTENSI DASAR UNTUK BELAJAR"

Posting Komentar