MENEMUKAN TARGET MASA DEPAN

Ada pepatah mengatakan “ kalau kamu tidak tahu mau kemana, mungkin kamu akan tiba di tempat lain”. KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya sehingga dapat menyusun dan terselesaikannya modul bimbingan dan konseling.
Modul bimbingan dan konseling ini disusun berdasarkan kurikulum KTSP yang menekankan dan mengembangkan kemampuan diri di berbagai kegiatan belajar, sehingga siswa dapat menerapkan cara komunikasi yang efektif dengan teman sebaya sehingga dapat meningkatkan prestasi belajarnya yang berguna bagi masa depan siswa. Modul ini bertujuan agar siswa dapat memahami siapa dirinya dan diharapkan siswa dapat menemukan target masa depan, sehingga siswa lebih mengenali tujuan hidup yang ingin dicapai.
Modul ini tidak mungkin dapat diselesaikan tanpa adanya bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis menyampaikan rasa terima kasih atas bantuan dari berbagai pihak yang telah memberikan bantuannya dalam penyelesaian modul ini.
Kami menyadari bahwa masih banyak dalam penyusunan modul ini, oleh karena itu kami berterima kasih dengan adanya saran dan kritik yang membangun untuk kesempurnaan modul ini.

Malang,



Penulis




DAFTAR ISI

Kata Pengantar………………………………………………………………………………… i
Daftar Isi ……………………………………………………………………………………….. ii
A. Pendahuluan.…………………………………………………………………………. iii
B. Prasyarat………………………………………………………………………………. iv
C. Petunjuk Penggunaan Modul……………………………………........................... iv
D. Tujuan Pembelajaran…….………………………………………………………….. v
E. Kompetensi…………...…………………………………………….......................... v
F. Rencana Belajar…………………………………………………….........................vi
Materi : Menentukan target masa depan
A. Menciptakan visi (tujuan yang ingin dicapai) dalam hidup……........................ 1
B. Menentukan target masa depan …………………………………………………. 2
C. Kegiatan siswa …………………………………………………………………….. 7
Daftar Pustaka………………………………………………………………………………. 9




A. PENDAHULUAN

Bimbingan dan Konseling merupakan suatu wadah yang memberikan layanan-layanannya untuk membantu siswa yang membutuhkan layanan tersebut. Layanan bimbingan dan konseling ada beberapa aspek yaitu meliputi aspek pribadi, sosial, belajar, dan karier. Dalam setiap layanan yang diberikan terdapat fungsi bimbingan antara lain: fungsi pencegahan, fungsi pemeliharaan, fungsi pengembangan, dan masih banyak lagi.
Untuk mewujudkan tujuan bimbingan dan konseling yaitu perkembangan optimal siswa, maka diperlukan suatu kerjasama dari berbagai pihak baik dari konselor (guru BK), siswa, pihak sekolah, orang tua siswa, dan semua pihak yang bersangkutan.
Dalam modul ini akan dijelaskan mengenai bagaimana dalam menentukan target masa depan, dimana setiap siswa akan merencanakan masa depannya. Biarpun setiap siswa masih belum jelas dengan masa depannya nanti, tapi setidaknya mereka mempunyai gambaran apa yang akan mereka rencanakan untuk selanjutnya. Menemukan target masa depan termasuk dalam layanan bimbingan karier dan mempunyai fungsi pemahaman dan pengembangan. Menentukan masa depan merupakan hal yang perlu diketahui oleh siswa agar mereka dapat lebih memahami dan lebih mudah dalam menetukan apa yang akan mereka rencanakan untuk masa depan mereka kelak.










A. PRASYARAT










B. PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL




B. PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL
Agar siswa berhasil menguasai dan mampu menerapkan materi pada modul ini maka bacalah dengan cermat dan ikuti petunjuk ini dengan baik diantaranya sebagai berikut:
Bacalah doa terlebih dahulu sesuai dengan keyakinanmu agar diberikan kemudahan dalam mempelajari materi ini.
Bacalah materi ini dengan serius, santai dan tenang sehingga kamu dapat mencapai penguasaan materi secara optimal.
Kerjakan secara mandiri tanpa harus menunggu teman, dengan belajar mandiri kamu dapat termotivasi mengerjakan lebih baik secara maksimal sesuaii dengan kemampuan kamu sendiri tanpa melihat pekerjaan teman
Kerjakan lembar kegiatan siswa yang sudah disediakan pada lembar berikutnya secara sungguh-sungguh dengan memberikan isian secara lengkap.
Untuk mendukung penguasaan siswa yang lebih luas kamu bisa menggunakan sumber belajar lain misalnya buku bacaan, majalah, televisi dan media yang lainnya.












C. TUJUAN PEMBELAJARAN


Siswa dapat menentukan target masa depan. Siswa dapat merencanakan apa yang akan dilakukan dalam mencapai cita-citanya. Serta siswa dapat membuat recana alternatif jika rencana yang pertama tidak terlaksana. Dengan demikian siswa akan lebih kreatif.






D. KOMPETENSI


































E. RENCANA BELAJAR






Rencana belajar merupakan serangkaian rencana kegiatan yang akan kamu lakukan pada saat pelaksanaan pembelajaran berlangsung:
Jenis kegiatan : membaca, menulis, diskusi,
mengerjakan latihan
Hari/tanggal : _________________________
Tempat pelaksanaan : _________________________
Alokasi waktu : _________________________
Hasil yang dicapai : _________________________













MENEMUKAN TARGET
MASA DEPAN

Ada pepatah mengatakan “ kalau kamu tidak tahu mau kemana, mungkin kamu akan tiba di tempat lain”. Begitu lulus sekolah, kebanyakan orang berganti karier bukan hanya sekedar berganti pekerjaan dalam bidang yang sama beberapa kali sebelum akhirnya menekuni karier hidupnnya. Kenapa? Karena kebanyakan orang tidak tahu apa; yang mau mereka lakukan dengan hidup ini. Hal ini menunjukkan visi hidup mereka sangat kabur.
Coba pikirkan seorang temanmu yang tampak benar–benar bahagia dalam hidup mereka. Mereka pasti melakukan yang mereka inginkan dan menjalani sesuai visi yang telah mereka pilih untuk hidup mereka.Tidak ada saat yang paling bahagia dibanding saat mengejar impian dan visi tentang kehidupan yang lebih baik. Hal ini akan memberikan semangat karena tahu kemana tujuan kita. Kalau kita tahu kemana ingin pergi, kita bisa memulai perjalanan hidup dengan penuh rasa percaya diri serta sadar tujuan.
A. MENCIPTAKAN VISI (TUJUAN YANG INGIN DICAPAI ) DALAM HIDUP
Karena boleh menciptakan visimu terlebih dahulu dengan pemikiran dan perencanaan matang atau kamu bisa menciptakannya begitu menemukan kesempatan baru. Tapi bagaimanapun juga, untuk jadi sukses kamu perlu menciptakan visi karena kamu tidak bisa mempertahankan kesuksesan tanpanya.
Visi bisa dimulai dengan keinginan, tapi tidak hanya sampai disitu. Kamu tidak bisa hanya menginginkan sesuatu untuk dirimu sendiri. Kamu harus punya pandangan jelas tentang bagaimana cara mencapainya. Mudah untuk memimpikan masa depan yang lebih baik untuk dirimu sendiri, tapi kamu harus melakukan lebih dari itu. Sebagai manusia harus mengerti tentang :
 Memiliki visi untuk hidupmu
 Memutuskan kemana kamu akan pergi
 Menciptakan visimu setahap demi setahap.
Saat melakukan itu, kamu akan belajar bagaimana menjadikan impianmu sebagai bahan bakar untuk visimu dan kamu akan belajar bagaimana menentukan cita–cita, tetap fokus, serta menikmati prosesnya itu.
B. MENENTUKAN TARGET MASA DEPAN
Setelah menciptakan visi, menentukan target bisa menjadi batu pijakan pemenuhan visi itu. Target membantumu tetap fokus pada tujuan setiap langkah dalam perjalananmu. Dengan begitu, kamu bisa terus mengetahui perkembanganmu dalam mengejar visi.
Saat kamu menentukan target, ingatlah delapan tuntutan ini :
1.Target harus masuk akal
Jangan membuang waktu dengan membuat target yang tidak masuk akal. Kamu tidak akan bisa meraih target yang tidak masuk akal, akibatnya kamu tidak bisa lagi merasa bersemangat dan berpikir kalau kamu pasti akan gagal. Sebenarnya, kamu gagal menentukan target yang masuk akal. Sebagai contoh, kami ingin masuk grup band dengan modal bermain gitar yang pas–pasan, kamu berusaha menjelaskan bahwa kamu sudah ikut kursus gitar beberapa tahun lalu.
Tetapi, orang tetap mengangap kemampuanmu jelek. Kalau targetmu ingin bergabung dengan grup band maka kamu harus mempersiapkan diri untuk gagal, karena tentu saja tidak ada grup band yang mau menerima anggota yang baru belajar bermain gitar.

Tapi, kalau tergetmu adalah memperbanyak kursus dan latihan serta mencapai banyak peningkatan dalam beberapa bulan mendatang dan setelah itu bergabung dengan grup band, itu baru target yang masuk akal.
Jadi sebelum kalian menentukan tujuan kalian yang belum pasti ,kalian harus bisa menetapkan mana impian dan cita-cita dari kalian. Setelah kalian menetapkan impian kalian, langkah selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah berkomitmen. Ketika kalian menentukan target ini kalian harus melihat kekuatan dan kelemahan yang kalian miliki. Dengan begitu kalian akan tahu langkah-langkah apa saja yang harus kalian lakukan untuk mencapai target tersebut.
2.Target harus punya arti
Fokuskan target sesuai visimu. Janga membuat target yang bisa membawamu kemana–mana. Kalau menentukan target yang tidak punya makna khusus bagi hidupmu, kamu mungkin tidak akan bisa mencapainya. Bahkan jika kamu berhasil mencapainya, kamu nggak akan mendapatkan kehidupan yang benar–benar bermakna. Misalnya, kamu punya banyak kesempatan lulus dengan nilai bagus tapi kamu tidak mungkin meneruskan ke sekolah favorit karena orang tua tidak mempunyai cukup dana, maka target nilai itu mungkin tidak akan tercapai. Berbeda bila setelah lulus sekolah kamu akan meneruskan ke sekolah favorit, maka target nilai itu mungkin akan dengan mudah kamu dapatkan.
3.Target harus ditentukan dengan jelas
Kalau kamu sedang melakukan pekerjaan, biasanya kamu akan mengatakan, “ Dalam waktu dekat, kurasa aku akan pergi beberapa ratus mil ke tenggara dan sebentar lagi aku akan segera sampai “.Tidak kan ? Kamu pasti menentukan tujuan dan saat yang jelas kapan kamu ingin berada disana. Kalau kamu menentukan target untuk meraih kehidupan yang lebih baik, kamu pasti juga ingin target itu sudah ditentukan dengan jelas. Misalnya, “ Aku ingin belajar dengan giat sampai semua nilaiku 9 dan aku akan diterima di sekolah favorit yang kuinginkan “.

Cita-cita yang bagus pasti dibarengi dengan perencanaan yang matang dan sistematis, ada rencana jangka pendek, menengah dan panjang. Perencanaan sebaiknya dibuat secara tertulis, dengan tertulis kalian akan terus bisa membacanya dan secara spontan itu akan tertanam dalam pikiran dan hati kalian sehingga dengan demikian kalian akan termotivasi.
Manfaat dari perencanaan, akan membuat kalian tetap berada di jalur yang benar, dari cita-cita yang diinginkan. Perencanaan juga bisa mengukur kemajuan kalian, sejauh apa target yang sudah dicapai untuk mewujudkan cita-cita tersebut. Dan dengan perencanaan kalian juga bisa memperhitungkan rintangan apa saja yang kira-kira akan dihadapi di masa depan.
Kalian tidak hanya bisa membuat satu rencana saja, tapi kalian juga harus membuat rencana alternatif. Dengan begitu, kalian akan siap ketika satu rencana tidak berhasil. Maka dengan begitu kalian akan bisa memakai rencana alternatif yang selanjutnya untuk meraih cita-cita kalian tersebut. Dengan kalian membuat rencana yang bermacam-macam itu akan membuat kalian menjadi lebih kreatif.
4.Target harus membuat kamu bersemangat
Orang–orang disekitarmu mungkin bermaksud baik dan kamu harus mendengarkan serta mempertimbangkan saran mereka. Tapi, jangan sampai mereka membuatmu keluar jalur dengan membiarkan mereka menentukan cita-cita yang lebih sesuai dengan visi mereka dibandingkan dengan visimu.
5.Target harus sesuai dengan tahap perkembangan logis
Ini sama dengan peringatan, jangan taruh kereta di depan kuda. Target harus dibuat selangkah demi selangkah biar masuk akal. Dengan begitu kamu akan selalu tahu, dengan memakai logika murni, bahwa target berikutnya akan bisa dicapai dan bahwa target itu membawamu semakin dekat ke tujuan akhirmu.
6.Target mungkin perlu penyesuain
Secara realistis, banyak yang bisa terjadi saat kamu mengejar visimu untuk hidup yang lebih baik karena tergetmu perlu penyesuaian. Kamu mungkin akan mencapai beberapa target secara lebih mudah dari perkataanmu sementara target yang lain sangat sulit. Terus ingat visimu dan buat penyesuaian sepanjang perjalanan agar tetap bisa mencapai target.
7.Target harus menggerakkan tindakan nyata
Tujuan utama menetapkan target adalah untuk membuatmu bergerak ke arah yang tepat. Tidak ada gunanya kalau kamu menentukan target yang tidak membuatmu merasa tertantang untuk bertindak. “Aku akan mencoba mengurangi berat badan”, itu bukan target. “Pukul 10:00 pagi besok aku akan jogging sejauh 5 kilometer”. Itu baru target. Menentukan target sesuai lingkaran suksesmu dan mengambil tindakan serta meraihnya bukan hanya membuatmu maju. Ini juga bisa membangun rasa percaya diri dan kemampuanmu mengejar visi kehidupan yang penuh makna. Target membuatmu mengambil tindakan untuk mengejar impian dan bukan hanya duduk berharap atau berdoa tanpa berbuat apa–apa.
8.Target tidak boleh membuatmu terisolasi
Kamu boleh mempunyai visi yang benar-benar akan mewujudkan kehidupanmu yang bahagia tapi jangan sampai apa yang kamu inginkan itu membuatmu lupa pada kehidupan lain yang memang harus kamu jalani. Contohnya, kamu berhasil masuk sekolah favorit lalu hari–hari yang kamu lalui hanya untuk belajar dan belajar karena takut akan gagal dalam pelajaran, lalu kamu tidak memperdulikan orang lain disekitarmu sehingga kamu dibenci orang–orang terdekatmu. Bukankah hal itu justru akan membuatmu menjadi orang yang terisolasi dalam lingkunganmu sendiri dan tentu sangat merugikan atas dasar tercapainya target.
KESIMPULAN
Dalam menentukan target masa depan diperlukan perencanaan yang matang, karena hal ini menentukan masa depan apakah sesuai dengan target yang diinginkan atau hanya akan ada penyesalan saja nantinya.



C. KEGIATAN SISWA
LATIHAN 1
Dibawah ini ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab !
1. Apa yang ingin kamu capai dalam hidup ?
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
2. Kenapa kamu ingin meraih cita – citamu ?
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
3.Buatlah 10 daftar target yang bisa membantumu mewujudkan visimu. Target itu harus sesuai dengan bakat dan nilai – nilai yang kamu miliki.
……………………………………………………………………………...
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………

4.Kalau kamu berhasil meraih targetmu bagaimana kemungkinan kehidupanmu nantinya ?
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………

LATIHAN 2

KASUS :
CITA-CITA : …………………………………
KEKUATAN :…………………………………
KELEMAHAN:…………………………………

RENCANA JANGKA PENDEK
………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….
RENCANA JANGKA MENENGAH
………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….

RENCANA JANGKA PANJANG
………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….



Evaluasi Guru BK:
NILAI Guru Pembimbing














DAFTAR PUSTAKA



Graham, Stedman.2003. I Can Do It 9 Kiat Meraih Sukses Khusus Remaja. Bandung. Mizan Media Utama (MMU)
Muslimah/No.20/Maret 2004/hal 14-27

1 Response to "MENEMUKAN TARGET MASA DEPAN"

  1. Laili says:
    17 September 2021 pukul 15.01
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar