MENGATASI KECEMASAN

Kecemasan adalah sesuatu kejadian pada diri kita yang bisa menimbulkan detak jantung berdebar agak kerasKATA PENGANTAR



Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya sehingga dapat menyusun dan terselesaikannya modul bimbingan dan konseling.
Penyusunan modul bimbingan dan konseling berisi tentang cara mengatasi rasa cemas yang sering terjadi pada siswa. Maka dari itu modul ini disusun untuk membantu siswa agar dapat mengenali rasa cemas yang terjadi pada dirinya dan dapat mengatasinya jika rasa cemas itu muncul suatu saat. Sehingga siswa di samping membaca modul ini juga perlu membaca buku-buku bacaan yang lainnya sebagai bahan untuk menambah wawasan dan mengetahui berbagai macam rasa cemas yang dapat mengganggu pikiran siswa.
Modul ini tidak mungkin dapat diselesaikan tanpa adanya bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan dalam penyelesaian modul ini.
Kami menyadari bahwa mudul ini masih banyak kekurangannya, oleh karena itu segala kritik dan saran untuk perbaikan modul ini kami terima dengan senang hati. Sebagai akhir kata kami berharap semoga modul ini ada manfaatnya bagi siswa.



Malang,


Penulis


DAFTAR ISI


Halaman
Kata Pengantar …………………………………………………………........… i
Daftar Isi ……………………………………………………………………….. ii
A. Pendahuluan ………………………………………………………………… iii
B. Prasyarat …………………………………………………………………….. iii
C. Petunjuk penggunaan modul………………………………………………… iv
D. Tujuan pembelajaran………………………………………………………… iv
E. Kompetensi………………………………………………………………….. iv
F. Rencana Belajar ……………………………………………………………. Iv

Materi : Mengatasi rasa cemas
A. Pengertian rasa cemas………………………………………………………. 1
B. Tanda-tanda rasa cemas…………………………………………………….. 1
C. Penyebab rasa cemas……………………………………………………….. 2
D. Akibat yang ditimbulkan dari rasa cemas………………………………….. 2
E. Cara mengatasi rasa cemas…………………………………………………. 2

Kegiatan Siswa…………………………………………………………………. 4
Daftar Pustaka ………………………………………………………………... 5






A. Pendahuluan
Setiap manusia memiliki sisi kecemasan yang munculnya disebabkan beraneka ragam masalah yang dihadapinya. Kehidupan yang semakin sulit dan semakin maju ini malah akan mempercepat munculnya rasa cemas, dengan tuntutan kemampuan yang semakin tinggi. Contohnya dalam dunia pendidikan saat ini mulai tingkat sekolah dasar sampai sekelah menengah atas dituntut untuk bisa lulus dengan standat nilai yang sudah ditentukan oleh dinas pendidikan.
Sebagai siswa yang memiliki pemikiran yang positif harus dapat mempersiapkan dirinya agar dalam menghadapi berbagai macam permasalahan yang ada di lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat dapat dihadapi dengan baik. Bimbingan konseling merupakan suatu wadah yang memberikan layanan untuk membantu siswa yang membutuhkan layanan tersebut. Layanan bimbingan konseling ada beberapa aspek meliputi aspek pribadi, social, belajar dan karier. Dalam setiap layanan yang diberikan terdapat fungsi bimbingan antara lain: fungsi pencegahan, fungsi pemeliharaan, fungsi pengembangan.
Dalam modul ini akan dijelaskan mengenai cara mengatasi rasa cemas, mulai dari pengertian, penyebabnya dan cara mengatasinya. Materi ini termasuk dalam layanan bimbingan pribadi dan mempunyai fungsi memahami dan pencegahan. Untuk mewujudkan tujuan bimbingan dan konseling lebih optimal maka diperlukan kerjasama dari berbagai pihak baik dari konselor (guru BK), pihak sekolah, orang tua dan semua pihak yang bersangkutan.

B. Prasyarat
Adapun syarat dalam memahami modul ini maka siswa diharapkan membaca materi terlebih dahulu, dengan membaca materi mengatasi rasa cemas ini maka siswa dapat memahami dan dapat melaksanakan dalam hal :
a. Masing- masing siswa dapat mengetahui kepribadiannya
b. Siswa mengetahui penyebab dan akibat dari rasa cemas
c. Siswa dapat menentukan langkah-langkah dalam mengatasi rasa cemas yang dapat muncul kapan saja

C. Petunjuk Penggunaan Modul
Agar siswa dapat memahami isi modul ini dengan mudah maka diharapkan siswa :
a. Membaca doa terlebih dahulu sesuai dengan keyakinan yang anda anut agar diberi kemudahan dalam mempelajari modul ini
b. Bacalah materi ini dengan konsentrasi penuh sehingga dapat cepat memahami isinya
c. Kerjakan lembar latihan siswa yang sudah disediakan pada lembar secara sungguh-sungguh dengan memberikan isian secara lengkap dan jelas.
d. Kerjakan secara mandiri tanpa harus melihat pekerjaan teman.
e. Bawalah sumber belajar yang lainnya guna mendukung penguasaan materi lebih luas.
D. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat memahami rasa cemas dan sebab-sebab yang dapat menimbulkan rasa cemas dan juga bagaimana cara mengatasinya

E. Kompetensi
a. Setiap siswa memiliki rasa cemas yang dapat timbul dengan berbagai macam situasi.
b. Memiliki kemampuan dalam mengatasi apabila rasa cemas itu muncul
c. Siswa mampu mengembangkan cara untuk mengurangi timbulnya rasa cemas.
F. Rencana Belajar
Rencana Belajar merupakan serangkaian rencana kegiatan yang akan kamu lakukan pada saat pelaksanaan pembelajaran berlangsung.







MENGATASI RASA CEMAS



Setiap pelajar selalu diharapkan untuk bisa berkembang melalui proses belajarnya tersebut. Perasaan yang menyertai proses belajarnya juga diharapkan bisa diselesaikan oleh siswa dengan baik, baik itu perasaan menyenangkan ataupun tidak menyenangkan. Maka dengan begitu diharapkan setiap pelajar akan bisa mengatasi perasaan cemas yang setiap kali muncul. Misalnya ada siswa yang merasa takut di suruh guru untuk mengerjakan soal ke depan, jika rasa cemasnya muncul maka yang terjadi siswa tidak bisa mengerjakan soal dengan baik.

A. Pengertian Rasa Cemas
Kecemasan adalah sesuatu kejadian pada diri kita yang bisa menimbulkan detak jantung berdebar agak keras, nafas yang memburu, keluar keringat dingin, perasaan tidak enak dan rasa kaku di dada. Menurut Freud kecemasan merupakan suatu signal yang menggelitik ego untuk menggerakkan mekanisme defensive non realistic, kecemasan dapat juga diartikan sebagai perasaan khawatir, cemas, gelisah dan takut yang muncul bersamaan, biasanya diikuti dengan naiknya rangsangan pada tubuh seperti jantung berdebar-debar dan keringat dingin.

B. Tanda-tanda rasa cemas
1. Secara umum tanda-tanda dari rasa cemas adalah:
2. Keluar keringat dingin pada bagian tubuh tertentu
3. Jantung berdebar-debar
4. Anggota tubuh gemetar
5. Perut mual ingin muntah
6. Tiba-tiba kepala pusing tanpa ada sebabnya
7. Sering ke toilet melebihi dari normal
8. Wajah pucat
9. Tidak lancar dalam berbicara
10. Sering menggerak-gerakkan anggota tubuh yang tidak perlu

C. Penyebab rasa cemas
Salah satu penyebab kecemasan adalah perasaan bersalah yang kemudian menjadi sesuatu yang mengganggu. Rasa bersalah adalah sesuatu yang tidak pernah diinginkan, itulah sebabnya mengapa kita selalu takut dengan hal itu. Kebanyakan dari kita bila merasa bersalah (bukan berbuat salah), keadaan hidup dan ketentraman batin akan mengalami gangguan, salah tingkah dan lain sebagainya. Pada umumnya rasa bersalah itu bisa berubah menjadi rasa malu yang akhirnya lari kepada suatu hal kejiwaan yaitu merasa rendah diri.

D. Akibat rasa cemas
Akibat yang bisa ditimbulkan dari rasa cemas yaitu:
1. Dapat menyerang kesehatan fisik
Penyakit yang sering timbul yang disebabkan oleh perasaan cemas yaitu :
a) Dapat mempengaruhi jantung dan pembuluh darah karena rasa cemas bisa mempersempit pembuluh darah sehingga jalannya darah ke jantung menjadi tidak lancar.
b) Mempengaruhi pernafasan
c) Menyerang pencernaan makanan
2. Menyebabkan rendah diri
Diatas telah dikatakan bahwa penyebab rasa cemas salah satunya adalah karena mempunyai perasaan rendah diri. Rendah diri dapat berakibat tidak baik dalam kehidupan. Orang yang terkena penyakit rendah diri merasa dirinya tidak berguna lagi, terasing dan bahkan terbuang dari pergaulan.


E. Cara mengatasi rasa cemas
Rasa cemas bisa diatasi dengan beberapa cara yaitu dengan :
1. Mengendalikan Emosi
Kematangan emosi ditandai dengan pengenalan dan menerima diri sendiri.
Kematangan emosi dapat terlihat dari seseorang yang bisa:
a) Mencegah kegelisahan
b) Tidak mengandalkan emosi dalam berpikir
c) Meredam kemarahan
d) Meredam rasa gelisah
2. Mengendalikan diri
Rasa cemas bisa diatasi dengan mengendalikan diri yaitu dengan tidak sering marah dan tidak terbawah oleh keadaan sehingga perasaan kita tetap bisa tenang.
3. Istirahat
Seseorang yang dalam keadaan tegang maka ia tidak akan bisa mencapai ketenangan dan hal ini bisa menyebabkan ia merasa cemas. Untuk itu melalui usaha yang cukup adalah satu cara untuk mencegah ketegangan, baik ketegangan fisik maupun psikis.
4. Penguasaan Pikiran
Untuk menghindari rasa cemas kita harus bisa mengembangkan penguasaan terhadap pikiran kita yang menunjuk kearah kemantapan jiwa yang mengalahkan kecemasan.
5. Merencanakan tindakan yang matang
Orang yang bertingkah laku secara tergesa-gesa, gugup dan serba salah pasti sebelumnya ia tidak merencanakan tindakannya itu. Sikap yang gugup dan tergesa-gesa mencerminkan pada jiwa dan suatu pemikiran yang lemah. Tanpa perencanaan dan pengorganisasian maka pekerjaan kita menjadi berantakan dan hal ini akan membuat dampak serta pengaruh kejiwaan kita menjadi khawatir dan cemas.
6. Mensyukuri keadaan diri untuk menekan kecemasan
Seseorang dapat dikatakan bahagia apabila mereka mau mensyukuri keadaan diri pada saat itu baik rezeki yang diterimanya kesejahteraan hidup maupun kesehatannya, tetapi bila kita tidak mensyukuri keadaan yang kita terima maka kita akan merasa cemas.

7. Membuang rasa dengki
Apabila kita ingin hidup tentram maka lebih baik mungkin kita hilangkan rasa dengki yang melekat pada jiwa kita. Dengki adalah penyakit rohani yang nantinya akan menimbulkan perasaan cemas.
8. Mendekatkan diri pada Tuhan
Berdoa itu sangat penting bagi kematangan jiwa kita karena kita yakin bahwa Tuhan adalah maha segalanya. Doa mempunyai dasar karena ia menyediakan bagi kita dinamik Ilahi ketika menguasai teknik yang memimpin pada kemenangan atas kecemasan dan kekhawatiran.

KEGIATAN SISWA
Buatlah kelompok tiga empat orang untuk membahas rasa cemas yang sering kita alami.
1. Tuliskan pengalaman anda ketika mengalami rasa cemas dan bagaimana cara mengatasinya?
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
2. Diskusikan dengan kelompok tentang perasaan anda kemudian tuliskan bagaimana cara mengatasinya menurut teman-teman anda ?
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
3. Apa yang sebaiknya anda lakukan jika suatu ketika kamu dengan teman-temamu merasa cemas bila sedang menghadapi sesuatu ?
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………

4. Bagaimana perasaanmu jika mengalami hal tersebut dan apa kerugian dari itu semua?
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………



Mengetahui
Nilai Guru Pembimbing











DAFTAR PUSTAKA


Hariyono, Rudy. 2000. Mengatasi Rasa Cemas. Gresik: Putra Pelajar.
Romlah, Tatiek dan Ella Faridati Zen. 1991. Ketrampilan-ketrampilan Belajar. Malang: Depdikbud IKIP FIP.

0 Response to "MENGATASI KECEMASAN"

Posting Komentar